Selain sebagai penyalur gas sisa pembakaran, knalpot juga berfungsi untuk mendukung tampilan. Oleh karena itu, peranti ini juga memerlukan perawatan karena knalpot sangat rawan berkarat dan bocor sehingga menghasilkan suara lebih berisik atau keras yang mengikuti perputaran mesin.
Selain usia motor, karat pada knalpot terjadi karena perbedaan suhu antara di dalam dan di luar pipa knalpot. Jika di daerah pantai karena kandungan garam cukup tinggi di udara sekitar, maka kotoran yang menempel akan lumer dan mudah menimbulkan korosi.
Yang paling mudah terlihat adalah di bagian leher knalpot. Beberapa hal di bawah ini mungkin bisa membantu mengatasi masalah tersebut:
Knalpot Original
Untuk knalpot orisinal atau standar 4-Tak cenderung kering, maka panas yang dihasilkan bisa menyebabkan karat. Disarankan, memanaskan mesin jangan terlalu lama karena bisa membuat knalpot jadi kuning. Lalu, berikan oli secukupnya ke dalam lubang knalpot 2 bulan sekali.
Bagi yang sudah berkarat, segera bersihkan kotoran yang menempel di knalpot dengan ampelas atau sikat kawat. Atau dengan cara mengoleskan oli bekas pada leher knalpot, lalu hidupkan mesin cukup 2 menit agar oli menyerap. Lama-kelamaan kotoran akan mengelupas seiring mengeringnya oli yang kepanasan tadi.
Jangan kaget, bila timbul asap akibat pelumas yang diolesi menguap lantaran terkena panas. Untuk menghindari karat datang lagi, bisa disemprot antikarat dan sehabis mencuci sebaiknya segera dikeringkan atau sewaktu hujan cepat dibilas air bersih.
Knalpot Racing
Buat yang memasang knalpot racing, baik itu model chrome dan berbahan pelat, dibutuhkan perawatan khusus Karena tanpa disadari, produk aftermarket itu lebih cepat menguning atau berkarat ketimbang original.
Oleh karenanya, sebelum dipasang sebaiknya diolesin oli bekas dulu agar umur lebih panjang. Oleskan pelumas bekas tersebut dengan kain di bagian leher knalpot. Setelah itu, lanjutkan dengan memasang knalpot. Lalu, hidupkan mesin selama 2 menit, dan oli akan menguap akibat panas.
3 comments:
saya juga setuju kang atas saran ini, soalnya saya di beri saran juga sama bapak saya agar knalpot motor awet coba di kasih oli. Setelah saya punya motor supra x 125 saya terapkan saran tersebut, saya beri oli 1 x seminggu/habis di cuci, nggak usah banyak2. Dan hasilnya ok juga. Mungkin perasaan saya, kalo habis di kasih oli, tarikan dan suara motor lembuut bgt. maknyuuusss…Ah mungkin perasaan saya
Knalpot Original
Untuk knalpot orisinal atau standar 4-Tak cenderung kering, maka panas yang dihasilkan bisa menyebabkan karat. Disarankan, "memanaskan mesin jangan terlalu lama karena bisa membuat knalpot jadi kuning".
---------------------------------
ada yg salah dengan kutipan artikel di atas (yg bertanda petik),
kenapa gak sekalian aja motornya gak usah dinyalain biar awet, namanya manasin motor tentu akan lebih dingin dibanding jika dinaikin langsung, sama aja dong kalo manasin bentar tapi motor dipake perjalanan jauh, panas juga tuh...
thanks bro informasinya sangat bermanfaat sekali bagi saya
Post a Comment